Badan Bahasa Menyelenggarakan Penguatan Promosi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dalam Jaringan (Daring)

Badan Bahasa Menyelenggarakan Penguatan Promosi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dalam Jaringan (Daring)

Jakarta—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis, 22 Desember 2011, menyelenggarakan kegiatan Penguatan Promosi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dalam Jaringan (Daring). Acara diawali dengan laporan Sekretaris Badan Bahasa, Dra. Yeyen Maryani, M.Hum., dan dilanjutkan dengan peresmian kegiatan promosi UKBI Daring oleh Wakil Menteri Bidang Kebudayaan, Prof. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch., Ph.D.

Dalam sambutannya, Wiendu menyambut baik pemasyarakatan tes UKBI Daring karena pendidikan bahasa berkaitan erat dengan pembangunan karakter bangsa. Beliau berharap kegiatan tersebut dapat menjadi langkah yang baik untuk menguatkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia.

Kegiatan penguatan promosi ini dimaksudkan untuk menggugah para pemangku kepentingan tentang arti penting UKBI. Dengan demikian, UKBI dapat dimanfaatkan secara optimal untuk berbagai kepentingan.

Kegiatan penguatan promosi UKBI Daring dihadiri oleh pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, guru, dan mahasiswa. Acara penguatan promosi UKBI ini dilakukan dalam bentuk telewicara oleh Wakil Menteri Bidang Kebudayaan dengan tiga pejabat daerah, yaitu Kotamobagu (Sulawesi Utara), Samarinda (Kalimantan Timur), dan Semarang (Jawa Tengah) serta guru dan siswa. Acara ini juga dimeriahkan oleh paduan suara Paragita, Universitas Indonesia.

Suasana telewicara cukup menarik bahkan membuat tertawa para tamu karena setiap daerah mengemukakan pengalaman yang berbeda-beda. Acara penguatan promosi UKBI diakhiri dengan pembacaan doa dan ramah tamah. Pelaksanaan kegiatan itu akan disiarkan oleh TVRI, Jumat, 23 Desember 2011.(an/lus)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa