Penutupan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Guru SD

Penutupan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Guru SD

Jakarta—Kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Guru SD yang dilaksanakan di Hotel All Seasons, Jakarta Pusat, selama empat hari, ditutup oleh Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Dra. Yeyen Maryani, M.Hum. pada Sabtu, 31 Mei 2014.

    Pada kesempatan itu, Yeyen mengatakan bahwa guru merupakan garda terdepan dalam membentuk generasi muda. Melalui guru, peserta didik dikenalkan pada berbagai ilmu, yang tentu saja menggunakan bahasa sebagai medianya. Oleh karena itu, para guru sudah selayaknya mampu berbahasa Indonesia secara baik dan benar supaya ilmu pengetahuan yang diajarkan dapat diterima dan dipahami dengan benar oleh siswa-siswanya. Selain itu, jika setiap guru mampu dan mau menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar pada saat mengajar, hal itu tentu akan memberikan contoh dan pengaruh positif kepada siswa-siswanya. Para siswa tersebut tentu nantinya akan mempunyai sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

    Hasil yang diharapkan dari kegiatan itu adalah (1) peserta mengenal dan memahami berbagai kaidah bahasa Indonesia, yang mencakup kaidah ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan, kaidah pembentukan dan pemilihan kata, kaidah penyusunan kalimat, dan kaidah penyusunan paragraf, (2) peserta mengenal dan memahami Kurikulum Bahasa Indonesia 2013, dan (3) peserta dapat menerapkan berbagai wawasan dan pengetahuan yang telah diperolehnya dari kegiatan sehari-harinya di sekolah, tempat mereka mengajar, minimal dalam hal bersikap yang terdiri dari dua aspek yaitu kesetiaan dan kebanggaan dalam berbahasa Indonesia, lanjut Yeyen.

    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, sebagai instansi pemerintah yang diberi tugas untuk melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra Indonesia (Permendikbud No. 1 Tahun 2012, Pasal 770), merasa ikut bertanggung jawab dalam upaya menumbuhkan kembali sikap positif masyarakat Indonesia terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Oleh karena itu, Badan Bahasa selalu aktif melakukan berbagai kegiatan penyuluhan bahasa dan sastra Indonesia. Salah satunya adalah kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia bagi para guru yang merupakan kegiatan rutin tahunan.

    Selain bagi guru SD, kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia juga dilakukan untuk guru SMP (3—6 Juni 2014), SMA (10—13 Juni 2014), dan SMK (17—20 Juni 2014) se-DKI Jakarta.(an/eem)

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa