Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan Menggelar Festival Musikalisasi Puisi 2015

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan Menggelar Festival Musikalisasi Puisi 2015

Balai  Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Festival Musikalisasi Puisi se-Kalimatan Selatan dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa dan Sastra 2015. Festival ini diadakan tanggal 7—8 Oktober 2015 di Mahligai Sultan Adam Martapura. Festival ini diikuti oleh 20 tim musikalisasi dari sekolah menengah Atas kabupaten/kota  se-Kalimantan Selatan.

Menurut ketua panitia, Saefuddin, panitia Festival Musikalisasi Puisi se-Kalimatan Selatan pada tahun ini membatasi peserta hanya 20 tim musikalisasi saja.  Peserta tahun ini berasal dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan. Jumlah peserta yang ingin mengikuti Fesival Musikalisasi Puisi sebetulnya melebihi dari kuota yang ditetapkan oleh panitia. Oleh karena itu, panitia terpaksa menolak peserta yang terlambat mendaftar ketika kuota peserta yang ditetapkan panitia sudah tercapai.

Festival Musikalisasi Puisi tahun 2015 ini, untuk pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Banjar, tepatnya Mahligai Sultan Adam yang berada di komplek perumahan Bupati Banjar. Pada tahun 2014, Festival Musikalisasi Puisi ini diselenggarakan di Banjarmasin. Sedangkan pada tahun 2013, Festival ini dilaksanakan di Banjarbaru.

Festival Musikalisasi puisi ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap positif dan rasa cinta siswa, membina minat, serta meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya sastra, khususnya puisi. Selain itu, festival ini memberi kesempatan kepada siswa dalam menyalurkan minat, bakat, dan kemampuannya dalam bidang seni musik.

Setiap tim peserta Festival Musikalisasi Puisi yang terdiri dari 5 orang harus membawakan satu puisi wajib dan satu puisi pilihan. Kedua musikalisasi puisi ini harus dibawakan tim peserta Festival Musikalisasi Puisi ini secara berurutan, dimulai dari puisi wajib kemudian dilanjutkan puisi pilihan.  

Festival   musikalisasi ini berakhir pada tanggal hari kamis, 28 Oktober 2015. Dewan juri yang terdiri dari Ali Syamsuddin Arsy, Rudy Karno, dan Agus Yulianto, S.S, M.Pd., memutuskan tim SMA Negeri Sungai Tabuk sebagai pemenang pertama dengan jumlah nilai 1757, pemenang kedua  SMA Negeri 1 Marabahan dengan jumlah nilai 1752, pemenang ketiga direbut tim musikalisasi dari SMK Negeri 2 Banjarbaru dengan jumlah nilai 1711, pemenang harapan kesatu MAN 1 Barabai dengan jumlah nilai 1689, pemenang harapan kedua SMA Negeri 1 Tanjung dengan jumlah nilai 1657, dan pemenang harapan ketiga SMA Negeri 4 Banjarbaru dengan jumlah nilai 1640.

Pemenang pertama, kedua dan ketiga berhak mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan. Sementara untuk pemenang harapan kesatu, kedua, dan ketiga hanya mendapatkan piagam dan uang pembinaan.

Menurut Rudy Karno, salah seorang juri dalam festival   musikalisasi ini, secara kuantitas peserta yang ikut dalam Festival Musikalisasi Puisi se-Kalimatan Selatan dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa dan Sastra 2010 ini cukup banyak. Adapun  secara kualitas peserta yang ikut dalam festival kali ini jauh lebih baik dari peserta-peserta festival tahun sebelumnya, Baik itu dalam penampilan, vocal maupun musikalitas. Rudi juga menambahkan bahwa tiap peserta harus bisa menguasai panggung dan menggunakan alat sebaik-baiknya, sehingga kemampuan peserta dalam menampilakan musikalisasi puisi bisa lebih maksimal. (dh)

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa