Selamat Jalan Pak Edwar Djamaris

Selamat Jalan Pak Edwar Djamaris

Jakarta—Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Dr. Edwar Djamaris, mantan Kepala Bidang Sastra, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (sekarang Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa) pada hari Minggu, 21 Oktober 2012, pukul 14.15, di RS Persahabatan, Jakarta, dalam usia 71 tahun.  Almarhum  meninggal dunia karena sakit kanker yang dideritanya sejak setahun yang lalu.  

Edwar Djamaris lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 7 Juli 1941. Pendidikan dari SD--SMA diselesaikannya di Bukittinggi. Pendidikan S-1 dtempuhnya di Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, tahun 1969. Almarhum pernah mengikuti pendidikan dalam bidang filologi dan sejarah di Leiden, Belanda, pada tahun 1974—1975 dan tahun 1978—1979. Almarhum memperoleh gelar doktor dalam bidang ilmu sastra di Universitas Indonesia, Jakarta, tahun 1989 dengan disertasi yang berjudul Tambo Minangkabau. Jabatan terakhirnya adalah Ahli Peneliti Utama di Pusat Bahasa. Selain mengabdi di Pusat Bahasa,  almarhum juga pernah menjadi dosen tidak tetap di Fakultas Sastra, Universitas Indonesia  (1976—1978), Fakultas Sastra Universitas Nasional, dosen program pascasarjana Universitas Padjadjaran dan Universitas Negeri Jakarta.

Kini jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka,  Perumahan Harapan Jaya, Blok A.156, Bekasi. Almarhum meninggalkan seorang istri dan empat orang anak (Elsa, Efgeni, Esti, dan Erik). Jenazah akan dimakamkan pada hari Senin, 22 Oktober 2012, pukul 12.30, di TPU Perwira, Bekasi.  (an/lus)

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa