Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta Tahun 2023

Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta Tahun 2023

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra telah selesai melaksanakan Pemilihan Duta Bahasa Tingkat DKI Jakarta Tahun 2023. Acara Final Pemilihan Duta Bahasa Tingkat DKI Jakarta diselenggarakan di Gedung Wayang Orang Bhrata pada tanggal 26—28 Juni 2023. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran generasi muda di Indonesia dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah penggunaannya masing-masing guna memperkuat karakter, martabat, dan daya saing bangsa.

Muh. Abduk Khak, Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, menyebut bahwa duta bahasa adalah generasi muda terbaik yang menjadi perpanjangan tangan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dalam memasyarakatkan dan memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah penggunaan masing-masing guna memperkuat karakter, martabat, dan daya saing bangsa pada Era Revolusi 4.0 ini.

“Selamat bergabung di keluarga besar Duta Bahasa DKI Jakarta. Duta bahasa adalah generasi muda terbaik yang menjadi perpanjangan tangan kami di Badan Bahasa dalam memasyarakatkan dan memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing guna memperkuat karakter, martabat, dan daya saing bangsa pada Era Revolusi 4.0 ini. Di tangan kalianlah bahasa Indonesia akan maju,” ungkapnya.

Penilaian Pemilihan Duta Bahasa Tingkat DKI Jakarta dibagi menjadi dua tahap, yaitu penilaian
semifinalis dan penilaian finalis.  Penilaian semifinalis memuat penilaian UKBI Adaptif dan
wawancara, sedangkan penilaian finalis memuat penilaian laporan krida kebahasaan dan kesastraan, teknik wicara publik, kemampuan bahasa asing, penampilan bakat seni dan budaya, kepibadian/psikologi, serta sikap dan penampilan.

Selanjutnya, dipilih enam peserta putra dan putri terbaik sesuai dengan peringkat jumlah perolehan nilai dan terbaik I akan melaju ke tingkat nasional. Selain itu, akan ditetapkan peserta putra dan putri terfavorit yang dipilih berdasarkan nilai penampilan bakat seni dan budaya serta nilai kepribadian.

Sejumlah finalis telah ditetapkan sebagai Duta Bahasa Terbaik dan Terfavorit Tingkat DKI Jakarta Tahun 2023 sebagai berikut.

Terbaik I

Putri : Dina Azza Nuraqila (Mahasiswa Farmasi, Universitas Indonesia)

Putra: Muhammad Rifai Hasbi (Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi, Universitas Indonesia)

Terbaik II

Putri : Nawangwulan Pertiwi (Mahasiswa Manajemen, Universitas Pembangunan Jaya)

Putra: Moh. Syarif Saifa Abiedillah (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)

Terbaik III

Putri : Thifal Syahla Apdafiota (Mahasiswa Sastra Arab, UIN Syarif Hidayatullah)

Putra: M. Iqbal Banoza (Mahasiswa Teknik Elektro, Universitas Indonesia)

Terfavorit

Putri : Danneta Yasmina Rahandani (Mahasiswa Sastra Inggris, Universitas Brawijaya)

Putra: Owen Jeremia Poluakan (Mahasiswa Teknik Perminyakan, Universitas Pertamina)

Selamat untuk para duta bahasa terpilih. Semoga amanah dalam menjalankan tugas sebagai duta bahasa.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa