Pengumuman Peserta Terbaik Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2019

Dengan hormat,
 
Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, telah melaksanakan kegiatan Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik melalui Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2019. 
 
Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sikap positif lembaga pendidikan terhadap bahasa negara serta mengapresiasi lembaga pendidikan yang telah mengutamakan penggunaan bahasa negara di ruang publik, terutama di lingkungan sekolah. 
 
Kegiatan itu diikuti oleh 140 SMP negeri dan MTs negeri terbaik di Indonesia melalui proses seleksi di tingkat provinsi. Sekolah-sekolah terbaik di tingkat provinsi itu dinilai oleh lima Dewan Juri yang terdiri atas:
1. Gunawan Widiyanto, M.Hum. (PPPPTK Bahasa), 
2. Dr. Capri Anjaya, S.Pd., M.Hum. (BAN-S/M), 
3. Laura Christina Luzar, S.Sn., M.Ds. (Universitas Bina Nusantara), 
4. Dr. Sugiyono (Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra), dan 
5. Drs. Sutejo (Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra). 
 
Dewan Juri menetapkan enam peserta terbaik melalui dua tahap penilaian: 
• Pada penilaian tahap pertama, Dewan Juri menetapkan lima belas nomine berdasarkan kaidah kebahasaan, fisik kebahasaan, dan tipografi kebahasaan. Lima belas nomine itu diverifikasi faktual oleh staf Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra. 
• Pada penilaian tahap kedua, Dewan Juri menetapkan enam peserta terbaik berdasarkan kaidah kebahasaan, fisik kebahasaan, dan tipografi kebahasaan, serta hasil verifikasi faktual. 
 
Narahubung:
Sdr. Ajeng Rahayu Tjaraka (085781253645)
 
Daftar peserta terbaik dapat dilihat dan diunduh pada tautan berikut.

Artikel Terpopuler