Judul: Profil Guru dalam Kumpulan Cerita Pendek Soetji Menulis di Balik Papan Tulis Karya S.N. Ratmana (Pendekatan Sosiologi)

Penulis: Muhammad Jaruki

Subjek: Sosiologi Sastra

Jenis: Tesis

Tahun: 2012

Abstrak

Profil guru adalah hal khusus yang berkaitan dengan guru. Profil guru mencakupi profil guru sebagai pendidik, profil guru sebagai pengajar, profil guru sebagai pembimbing dan pengarah, profil guru sebagai penilai dan evaluator, profil guru sebagai motivator, profil guru sebagai fasilitator, serta profil guru sebagai administrasi.

         Tujuan tesis ini adalah memperoleh pemahaman yang mendalam tentang profil guru, yaitu profil guru sebagai pendidik, profil guru sebagai pengajar, profil guru sebagai pembimbing dan pengarah, profil guru sebagai penilai dan evaluator, profil guru sebagai motivator, profil guru sebagai fasilitator, dan profil guru sebagai administrator yang tercermin dalam kumpulan cerita pendek Soetji Menulis di Balik Papan Tulis Karya S.N. Ratmana.

         Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi, yaitu suatu metode yang digunakan unutk memahami isi dari teks (karya sastra). Sementara itu, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis yang mengutamakan teks sastra sebagai bahan telaah guna mengetahui strukturnya. Teknik dan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan tahapan (1) peneliti membaca buku-buku, majalah, dan artikel yang berkaitan dengan masalah penelitian, (2) peneliti mencatat kata, frase, kalimat, atau wacana yang berkaitan dengan masalah penelitian, (3) memberikan makna kata, frase, kalimat, atau wacana yang sesuai dengan masalah penelitian ditunjang dengan acuan pustaka yang relevan, dan (4) mengirimkan angket atau isian kepada pengarang.

        Berdasarkan hasil penelitian, masalah-masalah yang diangkat dari delapan belas cerita pendek yang terkumpul dalam buku Soetji Menulis di Balik Papan Tulis adalah masalah yang berkaitan dengan kehidupan guru dalam berinteraksi dengan sesama guru siswa, dengan masyarakat atau lingkungan, dan dengan birokrat pendidikan. Alur cerita pada umumnya alur lurus, kecuali pada cerita “Aib”, “Mendiang”, “Hanya beberapa Milimeter”, dan “Upeti” beralur flash back. Latar berkisar pada sekolah dan rumah. Sementara itu, latar daerah berkisar pada daerah tempat Ratmana Soetjiningrat mengajar, yaitu di sekitar daerah Tegal dan Semarang. Tokoh cerita adalah guru, siswa, atau orang di sekitar sekolah.

           Kumpulan cerita pendek Soetji Menulis di Balik Papan Tulis merupakan refleksi kehidupan pengarangnya, Ratmana Soetjiningrat, yang berprofesi sebagai guru pada masa itu. Profil guru adalah gambaran dari suatu pribadi manusia yang idealis dan profesional, yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan pengarah, penilai dan evaluator, motivator, fasilitator, serta administrator. Profil guru sebagai pendidikan guru menjadi tokoh, anutan atau model, identifikasi bagi para peserta didik dan lingkungannya, bertanggung jawab, wibawa, mandiri, disiplin,memiliki  kestabilan emosi, ingin memajukan peserta didik, bersikap realistis, jujur dan terbuka, serta peka terhadap perkembangan. Profil guru sebagai pengajar adalah guru menyampaikan pelajaran kepada murid dengan asa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi agar melalui pengajaran tersebut dapat mengubah sikap, keterampilan, kebiasaan, hubungan sosial, dan apresiasi murid. Profil guru sebagai pengajar adalah guru memeliki pendidikan khusus dan pengalaman yang cukup dalam pendidikan yang dibuktikan dengan sertifikasi pendidik. Profil guru sebagai pengajar dalam kumpulan cerita pendek Soetji Menulis di Balik Papan Tulis tercermin dalam tujuh cerita pendek, yaitu cerita (1) “Langkah Pertama”, (2) “Dimulai dengan Kesulitan”, (3) Di Pojok Kota Semarang”, (4) “Mendiang”, (5) “Si Pembual”, (6) “Hanya Beberapa Milimeter”, dan (7) “Kerisik Daun-Daun Pohon Mangga”. Profil guru sebagai pembimbing dan pengarah adalah guru mampu membimbing dan mengarahkan peserta didik dlam memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Profil guru sebagai penilai dan evaluator adalah guru melaksanakan penilaian dan evaluasi dengan prinsip-prinsip dan teknis yang sesuai. Di samping itu, guru menilai aspek afektif peserta didik, seperti etika, moral, dan akhlak mulia. Profil guru sebagai motivator adalah guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar mereka senang belajar sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Profil guru sebagai fasilitator adalah guru memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik, guru mendengarkan aspirasi dan perasaan peserta didik. Guru sebagai administator adalah guru bekerja dengan administrasi yang teratur. [ALOY]