Judul: Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di SD

Penulis: I Nyoman Mardika

Subjek: Pemerolehan Bahasa

Jenis: Tesis

Tahun: 2010

Abstrak

Penelitian ini mengenai langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran dalam kosakata bahasa Inggris kelas V di sekolah dasar, kualitas multimedia pembelajaran dalam kosakata bahasa Inggris kelas V di sekolah dasar, aspek daya tarik multimedia dalam pembelajaran, dan dampak penggunaan multimedia dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris di sekolah dasar. Tujuan penelitian untuk mengembangkan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar; mengungkapkan kualitas multimedia pernbelajaran ditinjau dari aspek isi, pembeiajaran, tampilan, dan pernrograman; mengetahui aspek daya tarik multimedia pembelajaran yang dikembangkan; dan mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran kosakata bahasa

Inggris kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Validator penelitian ini melibatkan satu orang ahli bidang studi bahasa Inggris dan satu orang ahli multimedia pembelajaran. Penelitian difokuskan pada tiga siswa (uji coba satu-satu) dan dua puluh siswa (uji coba kelompok besar).

Instrumen penelitian ini adalah angket, pedoman observasi, dan soal pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu (1) Pengembangan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar melalui enam Iangkah, yaitu: menganalisis, mendesain, memproduksi, memvalidasi, merevisi, dan mengujicoba; (2) Kualitas multimedia pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman adalah baik. Dengan menggunakan rentang skor 1 sampai 5, aspek isi menunjukkan skor rata-rata 3,75, aspek pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 3,71, aspek tampilan menunjukkan skor rata-rata 3,87, dan pemrograman menunjukkan skor rata-rata 3,75; (3) Multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat menarik: pada uji coba satu-satu, dari tiga siswa yang diobservasi, dua siswa menunjukkan daya tarik produk sangat menarik, satu siswa menunjukkan daya tarik produk menarik; pada uji coba kelompok besar, dari dua puluh siswa, dua belas siswa menunjukkan daya tarik produk sangat menarik, delapan siswa menunjukkan daya tarik produk menarik; dan (4) Penggunaan multimedia pembelajaran kosakata bahasa Inggris berdampak baik terhadap ketuntasan belajar siswa: pada uji coba kelompok besar, dari 20 siswa, terdapat 19 siswa (95%) yang tuntas belajar dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas V sekolah dasar. (RDH)