Jajaki Kerja Sama, Badan Bahasa Silaturahmi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana


06/09/2017 | Kegiatan

Jajaki Kerja Sama, Badan Bahasa Silaturahmi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Jakarta— Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) yang diwakili oleh Kepala Subbagian Kerja Sama, Drs. Teguh Dewabrata dan Tim Kerja Sama Badan Bahasa melakukan silaturahmi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Graha BNPB, Jakarta Timur (9/6).

Kunjungan silaturahmi itu bertujuan untuk melakukan penjajakan kerja sama antara Badan Bahasa dan BNPB.

Kehadiran Tim Kerja Sama Badan Bahasa diterima langsung oleh Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama BNPB, Dicky Fabrian, S.H., LL.M. dan Kepala Bagian Kerja Sama Antarlembaga, Iwan Subiyantoro, S.Sos., M.A.P.

Pertemuan berlangsung dalam suasana hangat, santai, dan penuh keakraban. Pada kesempatan tersebut Dicky Fabrian menyampaikan bahwa BNPB berterima kasih atas kunjungan dari Badan Bahasa serta menyambut baik rencana kerja sama antara kedua instansi ini.

Dijelaskan pula bahwa BNPB adalah sebuah lembaga nonkementerian yang mempunyai tugas membantu Presiden Republik Indonesia dalam mengoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penanganan bencana dan kedaruratan secara terpadu dan melaksanakan penanganan bencana dan kedaruratan mulai dari sebelum, pada saat, dan setelah terjadi bencana yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, dan pemulihan.

Dalam pertemuan ini disampaikan beberapa hal yang dapat dikerjasamakan oleh Badan Bahasa dan BNPB seperti pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi para pegawai BNPB, penyusunan kamus kebencanaan BNPB, penyuluhan bahasa Indonesia bagi pegawai BNPB, dan penyuluhan dan pelatihan sadar bencana bagi pegawai di lingkungan Badan Bahasa.

Disepakati bahwa hasil penjajakan ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan lanjutan berupa kunjungan balasan oleh BNPB ke kantor Badan Bahasa untuk melakukan pembahasan yang lebih detail terkait dengan rencana penyusunan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara kedua pihak. (jm)