Judul: Keterampilan Menulis Komposisi Kaitannya dengan Pengetahuan Kosakata dan Kemampuan Penalaran: Survei di SMU Negeri 78 Jakarta

Penulis: Joko Arwanto

Subjek: Keterampilan Menulis

Jenis: Tesis

Tahun: 2000

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan kosakata dan keterampilan menulis komposisi, kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis komposisi, pengetahuan kosakata dan kemampuan kosakata dan kemampuan penalaran secara bersama-sama dengan keterampilan menulis komposisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Negeri 78 Jakarta, pada bulan Desember 1999 dan Januari 2000. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa yang diambil secara acak sederhana.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara pengetahuan kosakata (X1) dan keterampilan menulis komposisi (Y) dengan koefisien r sebesar 0,81 (r2 = 0,6561) dan persamaan regresi Y = 37,47 + 0,45X1 : 2) terdapat hubungan positif antara kemampuan penalaran (X2) dan keterampilan menulis komposisi (Y) dengan koefisien r sebesar 0,83 (r2 = 0,6889) dan persamaan regresi Y = 31,48 + 0,63X2 : 3) terdapat hubungan positif antara pengetahuan kosakata (X1) dan kemampuan penalaran (X2) secara bersama-sama dengan keterampilan menulis komposisi (Y) dengan koefisien R sebesar 0,81 (R2 = 0,8281) dan persamaan regresi Y = 26,97 + 0,27X1 + 0,40X2.

     Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengetahuan kosakata dan kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis komposisi, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Untuk itu, perlu ditempuh upaya-upaya untuk meningkatkan pengetahuan kosakata dan kemampuan penalaran siswa agar keterampilan menuis komposisinya semakin meningkat. Dalam hal ini, pengetahuan kosakatamdapat ditingkatkan melalui pemahaman dan penggunaan kosakata, yang terdiri atas kata, idiom, dan istilah, sedangkan kemampuan penalaran dapat ditingkatkan melalui latihan/kegiatan berpikir berdasarkan bukti-bukti untuk menghasilkan simpulan, baik secara deduktif maupun induktif yang disertai dengan kecakapan menghindari salah nalar. Upaya-upaya tersebut akan semakin meningkatkan keterampilan menulis kmposisi siswa, apabila dilakukan secara interaktif. Artinya, peningkatan pengetahuan kosakata dan kemampuan penalaran siswa dikaitkan langsung dengan keterampilan menulis komposisi. (aloy)