Badan Bahasa Gelar Sidang Pembakuan II UKBI


06/06/2017 | Kegiatan

Badan Bahasa Gelar Sidang Pembakuan II UKBI
Bogor,Jawa Barat — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar acara Sidang Pembakuan II Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), yang dilaksanakan selama empat hari, tanggal 3—6 Juni 2017, bertempat di Hotel Salak Tower, Kota Bogor, Jawa Barat.
 
Sidang pembakuan UKBI yang diselenggarakan tersebut merupakan kali kedua dari rangkaian pelaksanaan sidang pembakuan yang telah dirancang oleh Pusat Pengembangan dan Pelindungan. Sidang Pembakuan II UKBI dilaksanakan untuk membakukan baterai soal UKBI, khususnya seksi menulis, berbicara, dan UKBI dalam jaringan (Daring), serta  yang dihasilkan dalam kegiatan Penyusunan Soal UKBI. 
 
Kegiatan Sidang Pembakuan II UKBI tersebut bertujuan untuk memperoleh baterai soal UKBI yang sahih, dengan pengakuan dan persetujuan dari para pakar bahasa dan pakar pembelajaran bahasa, sebelum diujicobakan kepada masyarakat pengguna UKBI di berbagai daerah.
 
Pada pelaksanaannya, sidang dibagi dalam empat kelompok pembahasan dengan penempatan para pakar yang merupakan pakar bahasa, pakar tes bahasa, pakar statistik, dan pakar teknologi informasi pada masing-masing kelompok. 
 
Kelompok seksi menulis yaitu Prof. Dr. Emzir, M.Pd., T.D. Asmadi, Dr. Dora Amalia, Nur Azizah, Elvi Suzanti, dan Tri Iryani. Kelompok seksi berbicara yaitu Dra. Udiati Widiastuti, M.Hum., Bambang Trimansyah, Ryen Maerika, Septimariani, dan Triwulandari. Kelompok pendaringan yaitu M. Taufiq, S.T., CCNA, CCNI., Yulianto P. Sidabutar, S.Kom., Deni Setiawan, S.Kom., Atikah Solihah, M.Pd., dan Tri Indira S.P., S.T. Serta Kelompok Perespons Akademi Trainer, Bambang Trimansyah, dan Sriyanto, M.Pd. Sementara itu, desain grafis buku dikerjakan oleh Deden Sopandi.
 
Pada hari ketiga, dilaksanakan kegiatan pengujian soal UKBI dengan mengundang 70 orang peserta uji, yang terdiri dari guru, dosen, dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Setelah dilakukan pengujian soal, peserta juga diberikan berbagai materi yang disajikan oleh para pakar bahasa dan tim Akademi Trainer. (nav) 
 

Foto / Video Terkait