Pelantikan Pejabat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Jakarta, Badan Bahasa—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, melantik 96 pejabat untuk pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di Aula Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta pada Jumat, 15 Desember 2017.

Pejabat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) yang dilantik adalah Drs. M. Abdul Khak, M. Hum. sebagai Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Drs. Dwi Sutana, M.Hum. sebagai Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Zuryetti Muzar, S.E. sebagai Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Riau, Dewi Nastiti Lestariningsih, M.Pd. sebagai Kepala Subbidang Modul dan Bahan Ajar, Amaliah, S.Pd. sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Bahasa Kalimantan Barat, dan Suhana, S.Pd. sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Bahasa Yogyakarta.

Penyegaran organisasi melalui pengangkatan dan rotasi ini ditegaskan Mendikbud sebagai bagian dari janjinya untuk melakukan tour of duty dan tour of area. Hal ini berguna untuk memberikan kelancaran kinerja antarpegawai di lingkungan Kemendikbud. Mendikbud mengungkapkan jangan sampai ada pegawai yang dari awal hingga pensiun di satu tempat saja, hal ini supaya pegawai tersebut bisa merasakan kinerja di posisi yang lain.

“Rotasi ini adalah bentuk janji saya untuk melakukan tour of duty dan tour of area  yang berguna untuk memberikan kelancaran kerja bagi pegawai, serta saya berharap jangan ada pegawai yang dari awal hingga pensiun hanya menempati satu bidang saja, dia harus bisa merasakan posisi bagian lainnya,” imbuhnya.

Rotasi yang pernah dilakukan dapat berbentuk promosi, jabatan pemantapan, dan ada yang bersifat pertukaran tempat saja yang berguna sebagai bentuk penyegaran terhadap kinerja.

Lebih lanjut, Mendikbud menambahkan bahwa pegawai yang sudah menduduki pos baru supaya termotivasi dengan pekerjaan yang baru dan tidak terlena, kemudian untuk  pejabat yang lama, Mendikbud mengucapkan terima kasih dan meminta untuk  selalu memberikan dukungan kepada pejabat yang baru.

“Saya berharap pegawai yang baru saja dilantik selalu termotivasi dan mau bekerja dengan optimal dan jangan terlena dengan posisi yang yang baru, kemudian untuk pejabat yang lama saya ucapakan terima kasih, dan saya mohon untuk selalu memberikan dukungan terhadap pejabat yang baru,” tambahnya.

Mendikbud mengucapkan terima kasih atas kinerja yang baik sehingga Kemendikbud mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, baik dalam bentuk penghargaan maupun persepsi positif publik di berbagai jajak pendapat. Menteri meminta pegawai yang hadir untuk menjaga kesehatan karena sehat adalah persyaratan kita untuk melakukan apa saja. Jika tidak memiliki kondisi yang sehat, kita tidak bisa bekerja secara maksimal karena yang terganggu bukan hanya keluarga melainkan juga kementerian ini.

“Terima kasih kepada semua karena dari berbagai hasil lembaga survei, kinerja Kemendikbud cukup baik dan ini adalah wujud dari kerja kolektif kita bersama yang patut kita pertahankan. Saya berharap untuk semua yang hadir agar senantiasa menjaga kesehatan karena sehat adalah syarat kita untuk melakukan apa saja, sehat adalah jembatan kita untuk bisa mencapai kerja yang optimal,” ungkapnya. (Dv, Pcs)

Artikel Terpopuler